Yuk Mengenal Gambar Ilustrasi Lebih Dekat!


Menggambar adalah salah satu bentuk kegiatan seni. Menggambar tidak hanya dilakukan secara asal-asalan tetapi memerlukan sebuah teknik agar dapat menghasilkan gambar yang menarik dan memiliki nilai seni yang tinggi. Ada berbagai jenis dari gambar dalam seni, salah satunya adalah jenis gambar ilustrasi. Mungkin beberapa dari Anda mungkin sudah pernah melihat gambar ilustrasi tetapi tidak mengetahui nama dari jenis gambar ini. 

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan dalam dunia seni terutama pada bidang menggambar, maka Anda dapat mengenal setidaknya satu jenis dari gambar dalam dunia seni. Di bawah ini akan dijelaskan lebih dekat mengenai salah satu jenis seni yaitu gambar jenis ilustrasi. 

Pengertian Gambar Jenis Ilustrasi 

Sebelum membahas mengenai hal lain dari gambar jenis ilustrasi, ada baiknya Anda mengetahui mengenai definisi dari jenis seni yang satu ini. Seperti namanya yaitu ilustrasi, yang memiliki arti menjelaskan. Jadi gambar jenis ilustrasi ini merupakan visualisasi dari suatu subjek tulisan untuk menggambarkan suatu karangan tulisan melalui gambar. Gambar yang dibuat ini harus sebisa mungkin menggambarkan sedetail mungkin dari sebuah tulisan yang ingin dibuatkan gambar jenis ini. 

Tujuan Gambar Jenis Ilustrasi 

Setelah mengetahui pengertian dari gambar jenis ilustrasi ini, Anda perlu untuk mengetahui apa tujuan sebenarnya dari jenis gambar ini. Jadi, tujuan dari gambar jenis ini seperti yang telah dijelaskan sebelumnya yaitu untuk berfungsi menjelaskan dalam bentuk gambar. Seperti halnya dengan buku anak-anak yang tidak berisi tulisan tetapi hanya gambar, dimana penulis ingin agar anak-anak yang melihat buku tersebut dapat mengerti cerita melalui gambar yang disajikan dalam buku tersebut. 

Fungsi Gambar Jenis Ilustrasi 

Dalam seni, membuat gambar jenis ilustrasi ini memiliki maksud atau fungsi sendiri. Bagi Anda yang ingin membuat gambar jenis ini perlu untuk Anda mengetahui fungsi sebenarnya dari jenis gambar ini. 

1. Membuat Orang Tertarik 

Visualisasi dalam bentuk gambar ilustrasi ini agar dapat membuat orang yang melihat dapat tertarik dan ingin mengetahui lebih dalam mengenai maksud dari gambar tersebut. Seperti pada buku, poster, dan lain-lain yang menggunakan gambar jenis ilustrasi ini agar orang yang melihat gambar ini pada sampul baik itu pada buku maupun poster tertarik untuk membaca isi dan maksud dari buku maupun poster tersebut. 

2. Memberikan Deskripsi atau Gambaran Singkat 

Dalam suatu gambar jenis ilustrasi ini, orang yang melihat gambar ini akan diberikan mengenai gambaran singkat melalui gambar ini. Walaupun bersifat menggambarkan atau menerangkan sesuatu, gambar ini tidak bisa menjelaskan secara detail hanya melalui gambar. 

Jadi, jika gambar ini digunakan pada sampul buku, maka orang yang ingin membeli buku akan bisa menebak gambaran singkat yang akan dibahas pada buku tersebut. 

Langkah Menggambar Gambar Jenis Ilustrasi 

Dalam menggambar gambar jenis ilustrasi ini, ada 3 langkah yang harus Anda lakukan yaitu sebagai berikut ini: 

1. Menemukan Tema dan Gagasan 

Dalam menggambar tentunya tidak langsung begitu saja dilakukan tetapi diperlukan bagi Anda dalam menemukan atau membuat sebuah tema dan gagasan dari gambar yang akan dibuat. Dari gagasan tersebut, maka Anda dapat mulai menggoreskan pena Anda untuk mendapatkan sketsa awal 

2. Menggambar Sketsa 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, setelah Anda mengetahui gagasan gambar yang akan dibuat, maka Anda akan mulai menggambar sketsa. Sketsa yang dibuat di sini hanya berupa goresan kasar. 

3. Detailing dan Pewarnaan 

Setelah proses sketsa, maka selanjutnya adalah proses detail dan pemberian warna. Jadi, tahapan ini merupakan tahap akhir dari langkah menggambar ilustrasi. 

Itulah penjelasan singkat mengenai jenis gambar ilustrasi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda ya! 

Posting Komentar

0 Komentar