Inilah 5 Tips Merawat Mobil Dengan Tepat

Inilah-5-Tips-Merawat-Mobil-Dengan-Tepat

Pada saat melakukan perawatan pada mobil, Anda harus memperhatikan beberapa jenis perawatan, salah satunya yaitu melakukan spooring dan balancing. Apa itu spooring? Spooring adalah salah satu perawatan service mobil agar mobil tetap prima dengan cara meluruskan kembali posisi roda seperti awal pada saat pembelian. Sedangkan balancing adalah menyeimbangkan ban mobil. Kedua perawatan tersebut dilakukan jika adanya permukaan ban yang tidak rata dan rasa yang tidak nyaman saat menyetir. 

Merawat mobil memang tidak bisa setengah-setengah. Anda tidak bisa hanya merawat bannya atau bagian-bagian-bagian eksteriornya saja, namun bagian dalamnya pun harus diperhatikan. Jika mobil Anda jarang diberikan perawatan secara berkala, maka mobil Anda akan mudah mengalami kerusakan. Misalnya, jika Anda tidak segera mengganti oli mesinnya, maka mesin pada mobilnya pun akan rusak, dan lain sebagainya. Dengan begitu, selalu perhatikan perawatan pada mobil Anda. 

Namun, perawatan mobil tidak bisa Anda lakukan asal-asalan. Anda harus melakukan penanganan yang tepat untuk mobil Anda. Misalnya, jika cat mobil Anda tekena noda atau kotoran, maka bersihkanlah dengan menggunakan kain lap basah yang sudah dicampur dengan sabun atau sampo. Jangan sekali-kali menggunakan sikat atau bahan kasar lainnya karena hal tersebut bisa merusak cat mobil, sehingga akan menimbulkan goresan yang membuat mobil menjadi tidak enak dilihat. 

Merawat Mobil dengan Tepat 

Oleh karena itu, Anda harus melakukan perawatan yang baik dan tepat untuk mobil Anda agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Setelah Anda mengetahui apa itu spooring, simak beberapa tips merawat mobil yang tepat berikut ini. 

1. Melakukan spooring dan balancing 

Ketika Anda merasakan ketidaknyamanan saat berkendara, khususnya pada bagian setir, maka Anda harus segera melakukan perawatan spooring dan balancing. Jenis perawatan ini seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bisa membuat ban mobil menjadi lebih seimbang dan posisi roda mobil menjadi kembali seperti semula. Anda bisa melakukan perawatan ini jika adanya masalah pada posisi roda dan setir saja. 

2. Memilih bahan bakar yang sesuai dengan mobil Anda 

Agar mobil Anda tetap terawat, maka pilihlah bahan bakar yang tepat sesuai dengan mobil Anda. Anda bisa memilih berbagai jenis bahan bakar yang Ada di SPBU seperti Pertamax, Pertalite, Premium, Solar, dan lain-lain. Dengan begitu, Anda bisa memilih bahan bakar yang sesuai dengan nilai oktan yang dianjurkan oleh pabrikan mobil Anda. Hal ini dilakukan tentu saja agar proses pembakaran mobil menjadi lebih optimal sehingga mobil pun lebih terawat. 

3. Memanaskan mobil sebelum digunakan 

Pada saat Anda terburu-buru, biasanya Anda langsung menancap gas mobil begitu dinyalakan. Namun hal tersebut sebenarnya kurang baik karena tidak akan membuat mobil menjadi lebih awet. Memanaskan mobil sebelum digunakan bisa membantu oli dalam proses pelumasan celah-celah mesin, sehingga bisa meminimalisir terjadinya gesekan antar logam. 

4. Mengganti Oli mobil 

Mengganti oli mobil sebaiknya dilakukan secara berkala agar performa mobil tetap terjaga. Oli mesin berfungsi untuk melumasi mesin-mesin pada mobil untuk menghindari adanya gesekan. Untuk itu, gantilah oli mobil Anda secara rutin untuk menghindari adanya kerusakan pada mesin-mesinnya. 

5. Membersihkan mobil 

Terakhir yaitu Anda harus mencuci mobil Anda secara berkala agar tampilannya tetap cantik dan bersih. Jika Anda malas melakukannya sendiri, Anda bisa pergi ke tempat service cuci mobil terdekat. 

Itulah beberapa tips merawat mobil yang tepat agar tetap awet. Setelah mengetahui apa itu spooring dan perawatan lainnya, maka Anda bisa merawat mobil kesayangan Anda dengan lebih tepat. Semoga artikel ini bermnafaat! 

Posting Komentar

0 Komentar