Tahukah Anda Faedah Dari Pijat Payudara


Payudara dapat disebutkan jadi satu diantara asset kebanggaan beberapa kaum wanita. Walau memang tidak selamanya terlihat dengan jelas, tetapi penting untuk selalu menjaga kesehatan organ badan yang satu ini. Satu diantara langkah yang dapat dikerjakan yaitu teratur memijat payudara. Sebetulnya, apa faedah pijat payudara buat kesehatan badan? 

Apa faedah pijat payudara? 

Bukan sebatas pijat biasa, lho! Ada segudang faedah yang dapat jika teratur lakukan pijat payudara, mencakup: 

1. Menjumpai kanker payudara 

Sebelum masuk ke step kontrol dokter, langkah paling dahulu untuk memeriksa terdapatnya “bibit” kanker payudara yaitu dengan lakukan pijat payudara. Satu riset yang di tahun 2011 yang dimuat dalam Journal of Women’s Health, memberikan laporan jika seputar 25 % wanita bisa menjumpai lebih awal berkaitan kanker payudara. 

Disini faedah pijat payudara bertindak jadi kontrol awal, yang akan menolong Anda tahu saat ada yang tidak beres dengan sepasang payudara. Dari riset itu, kira-kira 18 % peserta yang lain temukan terdapatnya peluang kanker payudara dengan tidak menyengaja. 

Bila waktu memijat payudara tanpa ada menyengaja Anda rasakan ada tonjolan memiliki ukuran kecil atau besar, jangan diremehkan. Kanker payudara bukan penyakit mudah yang dapat dilihat mata sebelah. 

Itu penyebabnya, menjumpai penyakit ini sedini mungkin lewat pijat payudara, dapat makin percepat proses penyembuhan sebelum nanti terlambat. 

2. Lancarkan kerja skema limfatik 

Jaringan payudara bukan sekedar ada di seputar dua buah dada saja, tetapi bisa memanjang sampai hingga ke ruang bawah ketiak. Selama payudara sampai sisi bawah ketiak itu adalah satu diantara tempat berkumpulnya kelenjar getah bening badan atau limfa. 

Otomatis, tidak hanya sehatkan payudara, faedah teratur memijat anggota badan ini akan menolong lancarkan kerja skema limfatik pada kelenjar limfa. Masalahnya skema limfatik mempunyai peranan untuk menolong keluarkan toksin dari pada tubuh. 

Sayangnya, terkadang skema limfatik pada kelenjar limfa ini tidak bisa berperan dengan maksimal untuk keluarkan sisa-sisa toksin badan. Entahlah sebab kerjanya sedang terhalang, atau memang berlangsung masalah pada kelenjar itu. 

Contohnya selesai jalani operasi pada kelenjar getah bening, umumnya berlangsung penimbunan cairan yang disebutkan limfedema. Tidak tutup peluang, penimbunan toksin itu bisa menyebabkan timbulnya kanker payudara. 

Dalam keadaan ini, pijat payudara nyatanya mempunyai faedah untuk menolong lancarkan proses pembuangan toksin pada badan yang terjebak di skema limfatik. Bahkan juga, dapat lancarkan peredaran darah untuk bawa cukup nutrisi ke jaringan payudara. 

3. Lancarkan ASI ibu menyusui 

Menariknya, faedah pijat payudara dapat juga dirasa oleh ibu menyusui yang sering menyalahkan ngilu pada satu atau ke-2 payudara. Satu riset dari Journal of Korean Academy of Nursing sudah menunjukkan hal itu. 

Riset itu temukan jika ibu menyusui yang diberi pijat payudara sepanjang 30 menit dalam 10 hari sesudah melahirkan, rasakan ngilu yang lebih mudah. Hal itu kebalikannya dengan ibu menyusui yang lain yang tidak diberi pijatan payudara benar-benar, condong rasakan ngilu yang lebih kuat. 

Selain itu, pijat payudara pada ibu menyusui ini dikenal juga berguna untuk meningkatkan suplai sekaligus juga kualitas ASI untuk bayi. Efek berlangsungnya pembengkakan, tersumbatnya aliran susu, dan infeksi di jaringan payudara dapat didesak bila teratur lakukan pijat payudara. 

Tidak cuma ibu yang merasakan tenang, si kecil juga jadi lebih nyaman waktu menyusui. 

4. Melakukan perbaikan tampilan payudara 

Tidak hanya jadi pendukung kesehatan, faedah pijat payudara dapat juga menolong melakukan perbaikan tampilan payudara keseluruhannya. Tiap wanita mempunyai karakter payudara yang berlainan. Buat Anda dengan payudara kendur, teratur memijat payudara diakui bisa tingkatkan saluran darah ke jaringan payudara. 

Akhirnya, langkah berikut dapat jadi usaha untuk menolong kencangkan sekaligus juga menguatkan fleksibilitas kulit di ke-2 buah dada ini. Supaya lebih gampang, Anda dapat coba lakukan pijat payudara ini dengan pertolongan minyak seperti minyak zaitun (olive oil). 

Bagaimanakah cara lakukan pijat payudara yang pas? 

Tidak perlu waktu lama untuk memperoleh faedah dari pijat payudara ini. Anda perlu menyempatkan diri seputar 10-15 menit sehari-harinya untuk memberi pijatan pada payudara, lewat cara seperti berikut: 
  • Pertama kali pusatkan pijatan pada satu payudara terlebih dulu. Tempatkan satu tangan dibagian atas payudara, serta satu tangan dibagian bawahnya. 
  • Pijat payudara dengan pergerakan melingkar, sambil dikit memberi desakan. Kerjakan hal sama di bagian payudara yang lain. 
  • Bila ingin sambil memeriksa terdapatnya tonjolan yang beresiko kanker, Anda dapat lakukan pijatan di muka cermin atau sekalian berbaring. 
  • Angkat satu diantara tangan ke atas, serta tangan yang lain dipakai untuk memijat sekaligus juga mengecek satu diantara payudara. 
  • Beri desakan yang mudah, sedang, sampai cukup kuat waktu memijat semua sisi payudara. 
  • Yakinkan pijatan Anda kerjakan sampai ke sisi ketiak yang terkait langsung dengan payudara. 
  • Ulangilah hal itu di bagian payudara yang lain. 
  • Mengakhiri pijatan dengan dikit meremas sisi puting susu. Bila berasa sakit yang tidak normal, semestinya selekasnya kontrol ke dokter. 

Untuk pastikan keadaan payudara yang sebenarnya, Anda dapat berdiri di muka cermin untuk lakukan kontrol visual lewat pandangan. Cari ketidaksamaan ukuran, bentuk, dan pergantian warna yang mungkin mengisyaratkan ada yang tidak beres dengan payudara Anda.

Posting Komentar

0 Komentar