Lakukan Dulu 2 Hal Berikut Sebelum Berenang Agar Tidak Kram Kaki


Ada saatnya waktu berenang mendadak kaki Anda kram serta susah digerakkan. Mengakibatkan, kepanikan yang seringkali ada membuat Anda tidak bisa berpikir jernih serta pada akhirnya terbenam. Sebetulnya, apa sebagai pemicu kaki kram waktu berenang serta bagaimanakah cara menangani kondisi itu? 

Pemicu kaki kram waktu berenang 

Kram kaki saat berenang adalah hal yang umum berlangsung, dari mulai olahragawan sampai orang biasa. Unsur sebabnya juga dapat bermacam. 

Sebelum tahu langkah menangani kram kaki waktu berenang, sebaiknya untuk mengerti apa lebih dulu untuk tahu akar masalahnya. 

Tahu sebabnya bisa menolong Anda menghindarkan kaki kram waktu berenang. Beberapa pemicu umum yang mengakibatkan kaki kram waktu berenang, diantaranya: 

1. Kurang pemanasan pada kaki 

Satu diantara pemicu kaki kram yang paling umum ialah kurang pemanasan. Tidak cuma berenang, sebagian besar type olahraga yang dikerjakan tanpa ada atau kurang pemanasan akan menyebabkan kram kaki. 

Saat Anda berenang, otot-otot kaki membuat garis kaku dari betis sampai jari-jari Anda untuk mengoptimalkan gerakan kaki serta mendapatkan kecepatan. 

Namun, kekakuan itu dapat menjadi kram karena otot kaki kurang lentur sebab tidak lakukan pemanasan. 

Otot yang telah lakukan pemanasan umumnya jadi lebih lentur, hingga semakin lebih kuat saat lakukan pergerakan yang keras mengentak, seperti berenang. 

Oleh karenanya, lakukan pemanasan seperlunya supaya otot Anda lebih siap untuk lakukan beberapa gerakan renang. 

2. Kekurangan elektrolit 

Seperti yang dikutip dari Medline Plus, elektrolit adalah mineral yang ada di badan Anda. Senyawa ini bisa diketemukan pada darah, urine, jaringan, serta cairan badan yang lain. 

Elektrolit bermanfaat untuk memberi dukungan semua skema badan Anda, seperti kegiatan otak, otot, serta saraf. 

Bila elektrolit di badan tidak imbang, hal itu bisa mengakibatkan kram otot, khususnya di bagian kaki. 

Saat Anda olahraga, badan keluarkan keringat. Cairan ini pasti harus diisi lagi supaya elektrolit di badan masih imbang. 

Jika Anda kurang minum waktu olahraga, seperti waktu berenang, badan Anda akan kekurangan elektrolit serta kaki Anda beresiko kram.

Posting Komentar

0 Komentar