6 Makanan untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi yang Perlu Anda Ketahui

6-Makanan-untuk-Penderita-Tekanan-Darah-Tinggi-yang-Perlu-Anda-Ketahui
Foto dari Canva Photos Unlimited
Perlu diketahui bahwa seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi memiliki tekanan darah lebih dari 120/80. Tekanan darah perlu diketahui secara berkala untuk memantau kondisi tubuh. Apabila tekanan darah diatas 120/80, tentunya penderita haruslah menurunkan tekanannya agar kembali normal. Beberapa hal dapat dilakukan, seperti menjaga pola makan. Terdapat beberapa makanan yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Berikut makanan untuk penderita tekanan darah tinggi yang perlu Anda ketahui: 

1. Susu rendah lemak dan yoghurt 

Susu rendah lemak mengandung kalsium dan kadar lemak yang rendah. Kandungan ini tentunya dapat membantu penderita menurunkan tekanan darahnya secara perlahan-lahan. Yoghurt juga dapat menjadi pilihan selain susu. 

2. Pisang 

Buah satu ini dapat menjadi makanan untuk penderita tekanan darah tinggi. Pisang mengandung potasium yang bagus untuk membuat tekanan darah tetap stabil. Anda dapat menjadikan buah ini sebagai menu sarapan bersamaan dengan oatmeal atau juga dapat mengonsumsinya secara langsung. 

3. Ikan 

Jenis ikan yang mengandung asam lemak omega 3 dapat membantu menurunkan tekanan darah. Jenis ikan seperti salmon, dapat Anda konsumsi sebagai pengganti daging merah. 

4. Minyak zaitun 

Gunakanlah minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng biasa yang sering digunakan. Kandungan polifenol dalam minyak zaitun terbukti dapat menurunkan tekanan darah. 

5. Buah bit 

Buah bit mengandung nitrat yang dapat berfungsi menurunkan tekanan darah yang tinggi. Sebuah penelitian juga pernah membuktikan bahwa jus buah bit dapat menurunkan tekanan darah hanya dalam waktu sehari semalam. 

6. Gandum 

Gandum merupakan bahan makanan yang mengandung tinggi serat, rendah natrium, dan rendah lemak. Kandungan ini tentunya akan menurunkan tekanan darah. Selain itu, gandum juga memberikan efek mengenyangkan karena kandungan seratnya yang tinggi. 

Demikian beberapa makanan untuk penderita tekanan darah tinggi yang patut dicoba. Bahan makanan tersebut tentunya tidak menjadikan tekanan darah Anda menurun dengan instan. Anda perlu mengonsumsinya secara berkala sehingga mendapatkan efek yang optimal. Selain itu, jagalah pola tidur dan olahraga yang baik agar meningkatkan kesehatan tubuh. 

Posting Komentar

0 Komentar