3 Tips Memilih Makanan Bayi 7 Bulan Agar Tumbuh Sehat

3-Tips-Memilih-Makanan-Bayi-7-Bulan-Agar-Tumbuh-Sehat

Setiap orang tua tentunya ingin agar bayinya tumbuh sehat. Memperhatikan tumbuh kembang bayi menjadi momen yang sangat berharga bagi orang tua. Maka tidak mengherankan orang tua ingin memberikan segala yang terbaik untuk anak. Makanan menjadi hal penting dalam proses pertumbuhan anak. Terutama jika anak sudah menginjak usia 6 bulan ke atas. Sehingga Anda perlu memperhatikan pemilihan makanan bayi 7 bulan agar bayi tumbuh sehat. 

Memasuki usia 6 bulan ke atas, bayi akan diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan anak dengan makanan lunak. Namun, dalam pemilihan makanan ini, Anda tidak boleh secara sembarangan memberikan makanan pada anak. Anda perlu mengetahui makanan apa saja yang diperbolehkan oleh anak untuk dikonsumsinya saat menginjak usia 6 bulan ke atas. Untuk penjelasannya, simak di bawah ini. 

Tujuan Pemberian Makanan di Usia 6 Bulan ke Atas


Sebelum membahas cara memilih makanan yang tepat untuk bayi saat memasuki usia 6 bulan ke atas, ada baiknya Anda mengetahui tujuan dari pemberian MPASI. Saat bayi memasuki usia 6 bulan ke atas, sistem pencernaannya sudah sempurna dalam menerima makanan selain ASI. Sehingga sangat perlu untuk Anda memberikan hal tersebut saat anak menginjak usia 6 bulan agar terpenuhinya kecukupan gizi. 

Tips Memilih Makanan Saat Usia 7 Bulan 

Setelah mengetahui tujuan dari pemberian dari MPASI. Maka Anda sudah tahu betapa pentingnya pemberian MPASI kepada anak. Oleh karena itu, tidak hanya seberapa penting pemberian MPASI yang perlu Anda ketahui, tetapi juga perlu mengetahui bagaimana memilih makanan bayi 7 bulan yang tepat saat ia beranjak usia 6 bulan ke atas. Sehingga tidak akan mengganggu sistem pencernaan bayi nantinya. 

1. Pemberian Makanan Pada Minggu Pertama 

Saat pertama kali memberikan makanan pendamping ASI, maka Anda perlu memperhatikan tekstur makanan yang diberikan anak. Jika Anda memberikan anak makanan berbentuk padat pertama kali, maka tentunya bayi akan kesulitan mencerna makanan tersebut. Walaupun sistem pencernaannya telah sempurna, tetapi bukan berarti harus memberikan makanan padat secara langsung karena menyebabkan sistem pencernaan bayi "kaget". 

Untuk minggu pertama pilihlah makanan yang lunak seperti puree. Ajang perkenalan makanan untuk si buah hati disini juga menjadi momen yang baik dalam memperkenalkan makanan bergizi seperti buah dan sayuran. Buatlah puree dari satu jenis buah saja terlebih dahulu untuk 3 hari pertama dalam 1 minggu kemudian pilihlah dua jenis buah saat memasuki hari keempat pada minggu pertama. 

2. Pemberian Makanan Minggu Kedua 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa MPASI ini sebagai makanan pengenalan untuk buah hati. Setelah minggu pertama, bayi diperkenalkan dengan berbagai jenis buah-buahan, maka minggu kedua ini Anda dapat memilih jenis bahan sayuran untuk dibuatkan puree. Anda dapat mencampurnya dengan bubur dan protein hewani seperti daging atau ikan. Namun, pastikan daging yang diberikan lunak sehingga dapat dicerna dengan baik. 

3. Pemberian Makanan Minggu Ketiga 

Memasuki minggu ketiga pemberian makanan dapat divariasikan dengan pemberian makanan lunak dari buah-buahan maupun sayuran. Anda dapat mencampurkan jenis buah-buahan dengan sayuran sebagai makanan di minggu ketiga ini. Anda juga dapat memilih makanan sumber karbohidrat lain yang dihaluskan dengan sumber protein seperti daging yang telah dihaluskan. 

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan saat pemberian makanan bayi 7 bulan. Pemilihan makanan ini sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang dan makanan yang akan disukai anak nantinya. 

Posting Komentar

0 Komentar