Khasiat dan Manfaat Daun Kemangi yang Wajib Anda Ketahui

Khasiat-dan-Manfaat-Daun-Kemangi-yang-Wajib-Anda-Ketahui

Manfaat daun kemangi tidak hanya sebagai penyedap rasa pada makanan saja, tetapi juga memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Daun kemangi terkenal dengan aromanya yang menyegarkan sehingga sering dijadikan penghalau bau mulut. Namun selain itu, masih banyak manfaat dan khasiat daun kemangi yang lainnya. 

9 Khasiat dan Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan 


Kemangi yang memiliki nama ilmiah Ocimumcitriodorumini merupakan kelompok tanaman sejenis perdu yang mempunyai ciri khas daun dengan aroma wangi. Meskipun wangi, daun kemangi memiliki rasa sedikit pahit bagi yang tidak terbiasa memakannya. Daun kemangi kaya akan khasiat. Berikut khasiat dan manfaat daun kemangi bagi kesehatan. 

1. Mengatasi Jerawat 

Daun kemangi mengandung nutrisi yang bersifat anti jamur dan anti bakteri sehingga bisa membersihkan darah kotor dalam tubuh. Termasuk dalam hal perawatan jerawat, daun kemangi bisa membantu mengatasi masalah tersebut. 

Daun kemangi memiliki kasiat untuk membantu mengurangi peradangan dan merawat wajah yang berjerawat. Anda bisa menggunakannya dalam bentuk masker untuk mendapatkan manfaat bagi wajah. 

2. Merawat dan Mencerahkan Kulit Wajah 

Daun kemangi mengandung zat-zat aktif yang berguna untuk regenerasi sel-sel kulit. Hal ini tentu bermanfaat untuk menjaga kecantikan wajah. Selain itu, jika digunakan sebagai masker secara rutin, daun kemangi juga bisa mencerahkan kulit wajah. 

3. Membantu Meringankan Stres 

Jika Anda tengah merasakan stres, daun kemangi bisa membantu untuk meringankan tingkat stres. Caranya adalah dengan mengolahnya menjadi minuman rebus yang bisa ditambahkan madu untuk menambah cita rasa. 

Daun kemangi memiliki kandungan adaptogen yang telah dibuktikan melalui sebuah penelitian mampu membantu menekan kadar stres. 

4. Mengatasi Masalah Keputihan 

Manfaat daun kemangiyang lain adalah bisa membantu mengatasi masalah keputihan pada wanita. Daun kemangi memiliki khasiat untuk mengobati dan menangkal jamur nakal yang menyebabkan keputihan. 

Hal tersebut dikarenakan daun kemangi mengandung senyawa eugenol. Senyawa ini mampu mengusir jamur secara alami. Anda bisa mengolah daun kemangi menjadi minuman atau sayur lalapan secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya. 

5. Meredakan Sakit Tenggorokan 

Selain bisa menangkal bau mulut dan mengharumkan napas, daun kemangi juga memiliki manfaat untuk meredakan sakit dan peradangan pada tenggorokan. Mineral yang terkandung dalam daun kemangi bisa membantu mengurangi sakit tenggorokan. 

6. Menjaga Kesehatan Jantung 

Kandungan eugenol pada daun kemangi mempunyai beragam khasiat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal jamur dan bakteri, antioksidan eugenol juga berguna untuk mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol. 

Tidak hanya itu, jika Anda mengonsumsi daun kemangi sebagai lalapan sayur secara teratur, akan bisa menjaga kesehatan jantung untuk jangka waktu yang lama. Tekanan darah juga akan relatif lebih stabil. 

7. Membantu Mengobati Batu Ginjal 

Manfaat daun kemangiyang lain adalah bisa membantu mengobati batu ginjal. Daun kemangi memiliki kandungan zat aktif dan mineral yang berkhasiat untuk meredakan penyakit batu ginjal. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus atau lalapan. 

Meskipun tidak serta merta langsung sembuh, daun kemangi bisa membantu proses pengobatan batu ginjal karena kandungan alaminya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, salah satunya membantu mengobati batu ginjal. 

8. Mengatasi Sakit Flu dan Batuk 

Daun kemangi juga telah dikenal sebagai salah satu pereda sakit flu dan batuk. Hal ini karena daun kemangi mempunyai kandungan yang berfungsi sebagai ekspektoran sehingga bisa mengencerkan dahak bagi penderita asma dan bronkitis. 

Mineral yang dikandung daun kemangi berkhasiat untuk mengatasi sakit flu dan meredakan batuk. Untuk mengolahnya, Anda bisa mencampurkan daun kemangi dengan cengkeh atau bahan lain yang berguna untuk melegakan pernapasan. 

9. Membantu Meredakan Demam Berdarah dan Malaria 

Daun kemangi juga lumayan populer dikenal sebagai salah satu obat yang bisa membantu meredakan penyakit demam berdarah dan malaria. Anda bisa mengolahnya dengan cara menumbuknya kemudian dikompres pada dahi penderita demam berdarah atau malaria. 

Selain itu bisa juga diolah dengan cara direbus bersama kapulaga dan airnya yang tidak terlalu banyak. Anda juga bisa menambahkan madu untuk menambah cita rasa dan khasiatnya. 

Itulah beragam khasiat danmanfaat daun kemangi bagi kesehatan yang wajib diketahui. Anda bisa mengunjungi situs harapanrakyat.com untuk mendapatkan berbagai informasi menarik dari topik yang beraneka ragam, termasuk tentang kesehatan dan gaya hidup.

Posting Komentar

0 Komentar